5 Jenis Kurma yang Gampang Dijumpai di Pasaran

TEMPO.CO, Jakarta -Kurma adalah buah yang identik dengan bulan puasa. Masyarakat Indonesia banyak yang gemar mengonsumsi buah ini sehingga stoknya di pasaran cukup banyak.

Selain rasanya yang manis, kurma memiliki banyak nutrisi. Terdapat berbagai jenis kurma yang dapat dikonsumsi, berikut beberapa contohnya.

Kurma Medjool

Kurma jenis medjool berukuran besar dan memiliki tekstur berserat. Kurma jenis ini berwarna merah kecoklatan dan memiliki rasa manis dan lembut. Kurma medjool biasanya dibudidayakan di Maroko, Palestina, Yordania, dan Arab Saudi.

Dilansir dari laman “BDK Palembang Kementerian Agama”, kurma ini salah satu varian yang paling terkenal di Timur Tengah dan kerap dijadikan bahan diet sehat karena tinggi akan zat besi dan kalsium.

Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi kurma ini karena kandungan gulanya tinggi.

Kurma Barhi

Kurma barhi memiliki ukuran yang kecil. Panjang dan diameternya dua hingga empat sentimeter, serta memiliki bentuk oval. Kurma ini memiliki warna kuning cerah, tidak seperti kurma pada umumnya yang berwarna coklat kehitaman.

Selanjutnya: Kurma barhi memiliki tekstur…

123 Selanjutnya

Kurma barhi memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis.Kurma jenis ini mengandung berbagai nutrisi, seperti serat, zat besi, kalium, vitamin B, dan antioksidan.

Dilansir dari laman

Kurma Amber

Kurma amber memiliki bentuk lonjong, bahkan menjadi salah satu kurma Madinah paling besar.

Warna kurma ini sama seperti namanya, amber. Gurat pada kulit buah menandai kekhasannya . Kurma kering yang lembut ini memiliki buah yang tebal dan kaya akan nutrisi seperti protein, mineral, dan serat.

Kurma Ajwa

Kurma ajwa mudah ditemukan di pasaran di Indonesia. beberapa orang berpenapat kurma ajwa adalah varian terbaik dan menjadi jenis kurma pertama yang dibudidayakan Nabi Muhammad Saw. Kurma ini memiliki warna coklat tua kehitaman. Rasanya manis dan teksturnya lembut.

Kurma Sukari

Dilansir dari laman lifeinsaudiarabia.net, kurma sukari menjadi salah satu kurma favorit orang-orang yang tinggal di Arab Saudi. Manfaatnya terhadap kesehatan cukup besar dan harganya juga terjangkau.

Kurma ini memiliki rasa manis, sesuai dengan namanya. Teksturnya renyah dan kerap dijadikan campuran makanan lain, seperti isian roti dan campuran kue.

DINA OKTAFERIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.