7 Tips Beli Mobil Bekas Anti Rugi

 

Ingin beli mobil bekas tapi masih bingung caranya karena ini adalah pengalaman pertama? Jangan khawatir, dengan membaca dan memahami sejumlah tips berikut, Anda bisa membeli mobil pertama dengan tepat dan cepat tanpa perlu khawatir dengan resiko termasuk dalam hal finansial.

Tips Membeli Mobil Second untuk Pertama Kali

1.     Cek Keuangan

Pertama, cek dulu berapa jumlah dana yang dimiliki agar bisa memilih jenis dan tipe mobil yang harganya paling mendekati dengan dana yang ada tadi.

Jangan sampai mobil yang diinginkan lebih mahal daripada dana yang ada dan kekurangan dana harus berhutang yang suatu hari justru malah merepotkan keuangan sendiri.

2.     Survey

Cari beberapa tempat jual mobil terpercaya dan lakukan survey untuk mengecek kondisi mobil, kualitas layanan, dan seberapa terpercayanya tempat tersebut.

Survey ini bisa secara online dengan melihat review pelanggan, bisa juga dengan datang langsung ke tempatnya, atau tanya kepada teman yang mungkin saja pernah beli mobil di tempat-tempat tersebut.

3.     Cek Mobil

Setelah menemukan tempat yang tepat, lakukan pengecekan mobil secara teliti dan jangan terburu-buru untuk mengetahui kondisi pada:

  • Body mobil
  • Mesin
  • Cairan dan aki
  • Suspensi
  • Ban
  • Kampas rem
  • Kelengkapan aksesoris dan interior

Jika Anda belum begitu memahami tentang mobil, pastikan untuk mengajak orang terpercaya yang lebih berpengalaman.

4.     Test Drive dan Jangan Sungkan Bertanya

Setelah melakukan pengecekan, lakukan test drive dan jangan sungkan untuk menanyakan berbagai hal dibutuhkan. Saat melakukan test drive, perhatikan bunyi mesin apakah terdengar halus atau kasar, lalu saat melakukan stater apakah mudah atau susah, dan sebagainya.

5.     Riwayat Service

Banyak yang menyepelekan hal ini padahal sangat penting, yaitu cek riwayat service dari mobil yang akan dibeli.

Hal ini untuk mengetahui seberapa baik perawatan yang didapat oleh mobil dari pemilik sebelumnya, dan apakah mobil pernah mengalami ganti mesin, kecelakaan besar, mungkin terkena banjir, dan sebagainya. Berbagai hal ini bisa menjadi pertimbangan apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak.

6.     Cek Surat-surat

Pastikan mobil yang akan dibeli memiliki surat-surat yang lengkap, asli, dan tidak ada masalah pada surat-surat tersebut. Misalnya BPKB mobil tidak sedang dalam jaminan hutang. Kondisi dari surat-surat juga harus bersih dan jelas, alias tidak ada yang rusak.

7.     Bawa Mekanik Ahli

Jika perlu, bawalah kenalan atau teman mekanik yang memang ahli dalam dunia mobil sehingga Anda akan terhindar dari penipuan atau salah beli mobil, terutama untuk mobil dengan harga super murah. Mekanik ahli bisa mendeteksi kondisi asli dari mobil termasuk kekurangan yang dimiliki.

Pastikan bahwa mobil pertama yang akan Anda beli memang dalam kondisi prima meskipun bekas, sehingga Anda tidak akan mengalami resiko kerugian di kemudian hari. Caranya dengan menerapkan sejumlah tips di atas, dan jika Anda membutuhkan tempat jual mobil terpercaya maka bisa cek di mo88i.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.