Ahli Ingatkan Risiko Bayi Tidur di Ayunan dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Beberapa ibu menyiapkan ayunan untuk bayinya. Gerakan mengayun akan membuat bayi cepat tertidur. Mungkin gerakan itu terlihat tenang dan wajar tetapi bagi beberapa ahli menganggap posisi tidur bayi dalam ayunan itu bisa berisiko.

Para ahli mengajak untuk para ibu agar memperhatikan cara yang tepat untuk menggunakan ayunan bayi, serta praktik tidur yang direkomendasikan untuk bayi Anda agar mereka tidur dengan aman.

Bayi harus tidur di permukaan yang datar. Orang tua harus waspada setiap kali menempatkan bayi mereka di tempat yang tidak datar atau permukaan yang keras. Dibanding tidur tengkurap atau menyamping, bayi lebih aman tidur telentang karena mereka dapat mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Mengutip dari Verywell Family, seorang kepala petugas media di Brave Care di Portland, Oregon, Corney Fish, mengatakan sejumlah penelitian besar telah melihat kumpulan data yang melibatkan kematian bayi. “Untuk mengurangi risiko itu, maka tempat teraman untuk bayi tidur adalah telentang di ruang mereka sendiri,” ujarnya.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa bayi yang berada di tempat tidur mereka di kursi goyang, ayunan bayi, atau gendongan untuk tidur selama tahun pertama mereka itu tidak baik. Hal ini berlaku baik untuk tidur siang maupun tidur malam. “Jika bayi Anda tertidur di kursi mobil, kereta dorong, ayunan, gendongan bayi, Anda harus memindahkannya ke permukaan tidur yang datar sesegera mungkin,” menurut lembaga tersebut.

Selain itu, tidur di ayunan dapat membuat bayi mati lemas karena tidur dalan posisi tegak dapat menyebabkan bayi merosot ke depan dan posisi itu mengganggu pernapasan mereka. Jika bayi Anda tertidur di ayunan sebaiknya langsung Anda pindahkan ke tempat tidur yang datar. Menurut penelitian AAP mengunggapkan bahwa setiap tahun ratusan bayi meninggal saat tidur di tempat yang seharusnya tempat untuk duduk. Termasuk ayunan, gendongan, kursi mobil, kereta bayi, dan kursi goyang.

Jika Anda telah membeli atau menggunakan ayunan bayi, jangan khawatir—perangkat ini sangat aman bila digunakan dengan benar. Orang tua tidak boleh menempatkan bayi mereka di ayunan untuk tidur, tetapi mereka nyaman untuk menjaga bayi tetap puas dan terhibur saat bangun.

Terlepas dari potensi bahaya penyalahgunaan, Anda dapat yakin bahwa ayunan bayi aman digunakan sesuai dengan instruksi pabriknya. Bahkan, mereka bisa menjadi penyelamat ketika Anda perlu menempatkan bayi Anda untuk membuat makan malam atau mengerjakan tugas-tugas terdekat lainnya.

Saat membeli ayunan, pastikan untuk meninjau pedoman keselamatan sebelum penggunaan pertama Anda. Ayunan yang belum ditarik kembali aman digunakan selama Anda melakukannya sesuai anjuran. Pastikan semua bagian diperhitungkan dan ayunan terpasang dengan benar.

Ayunan dimaksudkan untuk digunakan sebagai rekreasi saat berada di bawah pengawasan penjaga. Jangan pernah menempatkan bayi Anda di ayunan untuk tidur, dan pastikan untuk memindahkan bayi Anda jika mereka tertidur saat di ayunan.

SHELAMITA AZZAHRA | VERYWELL FAMILY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.