Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Ucapan Lebaran Idul Fitri 2024 dan Cara Menjawabnya

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum menjadi ucapan selamat Lebaran atau Idul Fitri 2024. Namun, masih banyak yang belum tahu apa arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Biasanya, ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum akan diikuti dengan ucapan Minal Aidin Wal Faaiziin dan mohon maaf lahir batin.

Untuk itu, umat Islam wajib mengetahui arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan cara menjawabnya agar tidak keliru saat berbagi ucapan selamat Lebaran atau Idul Fitri. Inilah tulisan Arab dari Taqqabbalallahu minna wa minkum: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ Sementara itu, Pakar Fiqh, Ustaz Tajul Muluk mengatakan,

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Ucapan Lebaran Idul Fitri 2024 dan Cara Menjawabnya Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang Diucapkan saat Lebaran Idul Fitri, Begini Cara Menjawabnya Cara Menjawab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Ucapan Lebaran Idul Fitri 2024 Disertai Artinya

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum, Ini Arti dan Cara Menjawabnya Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim, Ucapan Idul Fitri Lengkap Arti dan Jawabannya 15 Ucapan Lebaran Idul Fitri 2024 dalam Bahasa Arab Beserta Artinya, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Arti Taqabbalallahu Minna wa Minkum Barakallah Fikum, Ucapan Doa Silaturahmi Berhari Raya Idul Fitri Jawaban Tepat Ucapan Taqabbalallahu Minna wa Minkum di Momen Hari Raya Idul Fitri 2024 Dikutip dari laman Gramedia, ucapan taqqabbalallahu minna wa minkum juga menjadi hal yang lumrah dikatakan ketika Lebaran bahkan Idul Adha sejak zaman Rasulullah SAW.

Dilansir Kitab Fathul Bari oleh Ibnu Hajar Al Asqalani, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya sering dilakukan oleh para sahabat Rasulullah SAW pada zamannya. Dalam sebuah riwayat mengisahkan sahabat Nabi Muhammad SAW saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya saat berjumpa pada momen Idul Fitri. فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Artinya: "Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari 'ied (Idul Fitri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, taqobbalallahu minna wa minkum. Ada beberapa cara untuk menjawab Taqqabbalallahu minna wa minkum sebagai ucapan Lebaran atau Idul Fitri 2024. Salah satunya dengan menjawab: minna waminkum taqobbal ya karim.

Arti kalimat tersebut kurang lebih, "Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami." Selain itu, umat Islam juga bisa menjawabnya dengan ucapan yang sama yaitu taqabbalallahu minna wa minkum. "Ketika seseorang mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum, maka selayaknya lah kita juga juga menjawab dengan doa yang sama yaitu taqabbalallahu minna wa minkum," kata Mulyadi, Dosen Kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan riwayat yang menceritakan jawaban sahabat dan salafush shalih. Ia kemudian mengutip riwayat dari Habib bin Umar Al Anshari, di mana ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah RA ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah: Taqabbalallahu minna wa minkum. Watsilah lantas menjawab, "Taqabbalallahu minna wa minkum." (HR. Ad Daruquthni dalam Mu'jam Al Kabir).

Versi yang pertama adalah yang paling mudah untuk diucapkan karena pendek dan sudah familier kita dengar saat Lebaran. تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ Taqabbalallahu minna waminkum

Arti: Mudah mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian. Karena diucapkan selepas Ramadhan, tentu saja maksudnya berharap agar amal ibadah kita dan orang yang kita ajak bicara selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah. Untuk versi yang agak panjang, ada juga yang menambahkan dengan mengucapkan doa lengkap.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim. Artinya: Mudah mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ Taqabbalallahu minna waminkum shiyamana washiyamakum Artinya: Semoga Allah menerima kita dan kamu semua, puasa kita dan puasa kamu semua."

Ada juga yang menggunakan lafadz doa lebih panjang lagi. تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin

Atau versi yang paling panjang: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu 'aamin wa antum bi khair

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang orang yang kembali dan orang orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan."

Selain itu, ada juga yang menggunakan versi lain, yaitu taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum kullu aam wa antum bikhair. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *