Banyak Manfaat Garam Himalaya, Salah Satunya Meningkatkan Libido, Kok Bisa?

Selain jenis garam dapur biasa yang banyak digunakan sehari-hari, ternyata garam juga memiliki banyak jenis. Garam Himalaya menjadi salah satu jenis garam yang banyak diperjualbelikan di toko-toko kelontong ataupun supermarket. Garam Himalaya ini diklaim memiliki manfaat lebih baik dibanding garam dapur biasa. Lantas, apa itu Garam Himalaya dan manfaatnya bagi kesehatan?

Sesuai dengan namanya, ini ditambang dari kaki bukit Himalaya, tepatnya di wilayah Punjab, Pakistan. Sebagaimana dikutip dari medicalnewstoday.com, Garam Himalaya telah ditambang selama ratusan tahun, setidaknya sejak 1200-an dan telah digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan. Tidak seperti garam dapur yang bewarna putih, Garam Himalaya memiliki warna murah muda.

Warna merah muda ini diperoleh dari kandungan mineral terkandung di dalam garam yang tidak ditemukan di garam dapur biasa. Meskipun warna utamanya adalah merah muda, tetapi warna merah muda Garam Himalaya bervariasi, mulai dari warna merah muda pucat, cerah, hingga gelap. Garam Himalaya yang telah digiling halus warnanya tampak lebih terang, yaitu seperti warna merah jambu.

Meskipun ditambang, tetapi garam Himalaya merupakan jenis garam laut. Sebab, garam Himalaya sebenarnya diperoleh dari laut yang mengering kemudian mengendap di pegunungan. Kandungan Garam Himalaya secara kimiawi mirip dengan garam biasa, yaitu natrium klorida.

Asupan natrium bagi tubuh sangat penting untuk kesehatan. Semua garam, termasuk garam Himalaya membantu tubuh mencapai kadar natrium yang sehat. Dilansir dari webmd.com, Garam Himalaya mengandung sedikit natrium dibandingkan garam biasa. Setiap satu sendok teh garam Himalaya mengandung 1.680 miligram natrium sedangkan garam dapur biasanya mengandung 2.360 miligram natrium.

Sebagaimana dijelaskan dalam verywellfit.com, perbedaan kandungan ini disebabkan sifat Garam Himalaya yang kurang padat dibandingkan dengan garam biasa. Hal ini karena penggilingannya lebih kasar dibandingkan garam biasa. Beberapa kandungan lain yang hanya dimiliki oleh Garam Himalaya, antara lain seng, besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Namun, kandungan-kandungan tersebut bergantung dari Garam Himalaya diperoleh.

Dikutip dari healthline.com, adapun manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi Garam Himalaya antara lain meningkatkan kesehatan sistem pernapasan, menyeimbangkan pH tubuh, mengurangi tanda-tanda penuaan, meningkatkan kualitas tidur, mengatur gula darah, dan meningkatkan libido.

NAOMY A. NUGRAHENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.