Berkunjung ke Serambi Mekah? Ini 4 Kuliner Aceh yang Wajib Dicicip

TEMPO.CO, Jakarta – Aceh dikenal dengan julukan Serambi Mekah, menyimpan segudang kekayaan alam, sejarah, dan budaya. Salah satunya perihal makanan, kuliner Aceh siap memanjakan lidah dengan cita rasa yang otentik khas Aceh.

Kuliner Aceh sebagian besar didominasi oleh rasa rempah-rempah yang kuat dan mengundang selera. Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat kuliner wajib khas Aceh yang patut dicoba!

Gulai Kuah PlikGulai Kuah Plik merupakan salah satu makanan khas Aceh yang diperkaya protein dan rempah-rempah sebagaimana dilansir dari badanbahasa.kemdikbud.go.id. Sayur-sayuran yang digunakan seperti terong hijau, nangka muda, kacang panjang, buah melinjo, dan kelapa parut. Bumbu utama dari makanan ini adalah bumbu plik u yang dibuat dari kelapa yang sudah dibusukkan. Kelapa busuk di sini merupakan kelapa parut yang difermentasikan untuk menghasilkan minyak. Bumbu plik u ini nantinya dimasukkan ke dalam kuah gulai plik.

Mi AcehMi Aceh menjadi kuliner pertama yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke wilayah paling barat di Indonesia ini. Sebagaimana dijelaskan dalam berbagai sumber, Mie Aceh dapat disajikan dalam bentuk mie kuning kuah, tumis, ataupun rebus dengan sayur mayur di dalamnya, seperti tomat daun bawang, kol, dan tauge. Tak hanya itu, mie yang disajikan dalam ukuran besar dapat disantap dengan potongan daging atau seafood, seperti ayam, sapi, kambing, kepiting, dan udang. Rasanya yang pedas nan segar akan rempah-rempah siap menggugah selera.

Ungkot KemamahSebagaimana dijelaskan dalam Buku Aneka Kuliner Aceh yang ditulis oleh Rahmad Nuthihar, ungkot kemamah merupakan makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan lau yang direbus dan dikeringkan. Sesuai namanya, kemamah yang bermakna ikan kayu, ikan tersebut disajikan dengan teksur keras dan kering menyerupai kayu. Ikan yang digunakan berupa ikan tuna atau ikan tongkol yang dibumbui dengan rempah-rempah menambah rasa lezat hidangan yang satu ini.

Kopi GayoRasanya akan kurang lengkap apabila berkunjung ke Aceh tanpa mencicipi minuman khas Aceh yang satu ini. Kopi Aceh atau Kopi Gayo menjadi salah satu minuman Aceh yang mempunyai citarasa dan aroma Arabika yang gurih dan tidak pahit yang khas. Aceh terkenal dengan perkebunan kopinya, terutama di Kawasan dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah sebagaimana mengutip dari Jurnal Manajemen Sumberdaya Lahan edisi 2013.

NAOMY A. NUGRAHENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.