Mitos Waktu Terbaik Makan Buah, Cek Faktanya

Bagi kebanyakan orang, makan buah adalah pilihan sehat setiap hari. Tidak ada waktu yang tepat untuk makan buah karena buah-buahan adalah makanan sehat dan bergizi yang bisa dimakan sepanjang hari.

Mitos yang mengklaim ada waktu terbaik atau terburuk untuk makan buah tidak berdasar dan tidak benar. Namun, waktu bisa menjadi penting bagi penderita diabetes atau yang ingin menurunkan berat badan. Berikut lima mitos waktu terbaik makan buah beserta faktanya.

Selalu makan buah saat perut kosongMakan buah dengan makanan dapat memperlambat pengosongan perut tetapi hanya dalam jumlah kecil. Ini sebenarnya hal yang baik karena dapat membantu lebih kenyang.

Makan buah sebelum atau sesudah makan mengurangi nilai giziMenurut mitos ini, jika makan buah tepat sebelum atau sesudah makan, nutrisinya akan hilang. Namun ini tidak benar. Tubuh manusia sangat efisien dalam hal mengekstrak nutrisi dari makanan. Sistem pencernaan akan lebih dari siap untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari buah, baik dimakan saat perut kosong atau saat makan.

Penderita diabetes harus makan buah 1-2 jam sebelum atau sesudah makanJenis buah yang dikonsumsi juga penting. Untuk penderita diabetes, carilah buah-buahan dengan indeks glikemik rendah, yang akan menaikkan gula darah lebih lambat. Makan buah dengan perut kosong dapat dengan cepat meningkatkan gula darah. Makan buah dengan makanan atau camilan dapat membantu mencegah hal ini, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Waktu terbaik makan buah di pagi hari dan tidak boleh di atas pukul 14.00Makanan apapun yang mengandung karbohidrat akan meningkatkan gula darah saat glukosa diserap. Tidak ada bukti di balik gagasan buah harus dimakan di pagi hari. Selain itu, tidak ada bukti juga gula darah akan meningkat lebih banyak setelah pukul 14.00. Tidak makan buah setelah pukul 14.00 tidak memiliki manfaat dan tidak mempengaruhi berat badan. Yang benar adalah buah itu sehat setiap saat sepanjang hari.

ANDINI SABRINA | HEALTHLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.