Penyebab dan Alasan Mengapa Telat Haid

Telat haid biasanya menjadi salah satu tanda awal munculnya kehamilan. Walaupun, kondisi tersebut tidak hanya dialami oleh orang yang tengah hamil, karena bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan yang perlu mendapatkan penanganan dokter. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui penyebab dan alasan mengapa telat haid terjadi.

Apa saja penyebab dan alasan mengapa telat haid?

Pada umumnya, wanita mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda. Terdapat siklus menstruasi yang normal, yakni berkisar antara 21 sampai 35 hari. Siklus tersebut terhitung dari hari menstruasi terakhir. Anda bisa dikatakan mengalami menstruasi terlambat apabila tidak haid selama 35 hari atau lebih.

Hal tersebut umum terjadi, namun anda dianjurkan untuk tetap waspada, karena terdapat beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan menstruasi terlambat. Menstruasi terlambat tentu tidak selalu menjadi pertanda kehamilan, terdapat faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi telat haid.

Telat Haid Karena Stress

Stress adalah salah satu kondisi Anda mengalami telat haid. Terjadi karena produksi hormon gonadotropin dan kinerja hipotalamus terganggu. Produksi kedua hormon tersebut terganggu karena stres, sehingga membuat siklus menstruasi Anda terlambat.

Apabila periode menstruasi terganggu akibat stres, Anda bisa mengatasinya dengan cara mencoba teknik relaksasi. Anda bisa melakukan sesuatu yang anda sukai atau bisa dicoba dengan mendengarkan musik.

Obesitas

Penyebab menstruasi terlambat selanjutnya adalah karena obesitas. Penambahan berat badan tentu akan memicu perubahan hormon pada wanita. Hal tersebut pernah terjadi karena penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih, lebih beresiko tinggi mengalami menstruasi terlambat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan dia dan olahraga yang akan disarankan oleh dokter. Hal tersebut adalah hal yang harus anda lakukan, apabila obesitas menjadi faktor penyebab menstruasi terlambat yang anda alami.

Berat Badan Turun

Telat haid juga bisa diakibatkan berat badan turun, karena kemungkinan dialami oleh wanita dengan gangguan makan. Apabila berat badan terlalu rendah dari berat badan ideal, tentu fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi akan terhenti. Anda bisa mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat, agar siklus haid yang normal bisa kembali.

Kebiasaan Merokok dan Efek Pil KB

Kebiasaan merokok tentunya bisa menyebabkan gangguan pada menstruasi, salah satunya adalah telat haid. Hal tersebut terjadi karena zat yang ada di dalam rokok termasuk nikotin. Zat tersebut akan mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Menstruasi terlambat juga bisa diakibatkan hormon prolaktin yang berlebihan atau tidak normal. Hormon tersebut dihasilkan dari kelenjar pituitari, yang akan meningkat pada masa menyusui. Walaupun hal tersebut bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu seperti penyakit ginjal.

Hormon prolaktin yang meningkat tentu bisa mempengaruhi kinerja hormon lainnya, seperti hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam proses menstruasi. Telat haid juga bisa dipengaruhi dari efek pil KB, karena pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang bisa mencegah pelepasan sel telur.

Apabila anda menginginkan siklus menstruasi anda kembali normal, maka anda memerlukan waktu hingga 6 bulan setelah berhenti mengkonsumsi pil KB. Jenis alat kontrasepsi lain juga bisa menyebabkan menstruasi terlambat, seperti KB implan dan suntik KB.

PCOS dan Penyakit Kronis Lain

Telat haid juga bisa disebabkan oleh PCOS yang merupakan kondisi tubuh yang memproduksi terlalu banyak hormon androgen. Kondisi tersebut membuat menstruasi tidak teratur, karena penyebab PCOS belum diketahui secara pasti, namun bisa diduga berkaitan dengan kondisi lainnya.

Penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit lainnya bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Sebab, gula darah untuk stabil berkaitan erat dengan perubahan hormon. Oleh karenanya, diabetes yang tidak terkontrol membuat menstruasi menjadi tidak teratur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.