Perbedaan Introvert dan Ekstrovert di Kehidupan Sosial, Kenali Ciri-cirinya

Berikut penjelasan mengenai perbedaan individu yang dan di kehidupan sosialnya. Dalam sebuah kehidupan sosial, terkadang kita mengenal seorang individu dalam dua tipe, yaitu introvert dan ekstrovert. Introvert dan ekstrovert merupakan dua sifat atau kepribadian yang berlawanan.

Mengutip dari healthline.com, introvert ini lebih dipahami sebagai seorang individu yang pendiam. Sementara individu yang ekstrovert ini diketahui lebih sering terlihat aktif di kehidupan sosialnya. Masing masing memiliki ciri ciri tersendiri yang membedakan keduanya.

Perbedaan Introvert dan Ekstrovert di Kehidupan Sosial, Kenali Ciri cirinya Inilah 25 Merek Kurma Milik Israel yang Jangan Dibeli dan Kenali Ciri cirinya Muncul Sosok Diduga Kuyang di Cileungsi Bogor, Orangtua jadi Waspada, Kenali Ciri cirinya

Profil Rahmijati Jahja Bakal Calon DPD RI Dapil Gorontalo di Pemilu 2024 Tes Kepribadian: Bentuk Telapak Kakimu Pengaruhi Kepribadianmu, Introvert atau Ekstrovert? Cara Cek Surat Tilang Elektronik atau ETLE, Waspada Penipuan: Kenali Ciri cirinya

Flu Singapura Sedang Merebak di Indonesia, Kenali Ciri cirinya yang Mirip dengan Cacar Air Apa Arti Eccedentesiast Viral di TikTok? Merujuk ke Kondisi Mental Seseorang, Kenali Ciri cirinya! Dikutip dari webmd.com, seorang introvert adalah orang dengan kualitas tipe kepribadian yang introversi, atau dapat diartikan bahwa mereka merasa lebih nyaman fokus pada pikiran, gagasan, dan batinnya daripada apa yang terjadi di luar.

Orang atau individu introvert lebih senang menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang saja, dibandingkan dengan kelompok besar atau orang banyak. Individu yang introvert ini lebih sering menggunakan pikirannya sendiri untuk mengisi ulang energinya. Jadi dapat disimpulkan bahwa orang introvert akan lebih berfokus pada diri sendiri dibandingkan yang terjadi pada orang lain di kehidupan sosialnya.

Perlu ketenangan untuk berkonsentrasi Sadar diri Lebih sering meluangkan waktu untuk mengambil keputusan

Merasa nyaman sendirian Tidak suka kerja kelompok Lebih suka menulis daripada berbicara

Merasa lelah setelah berada di keramaian Memiliki sedikit pertemanan, tetapi sangat dekat dengan teman teman ini Melamun atau menggunakan imajinasinya untuk memecahkan suatu masalah

Mundur ke dalam pikiran mereka sendiri untuk beristirahat. Secara psikologis, ekstrovert berbeda atau sangat berlawanan dengan pribadi yang introvert. Mengutip dari webmd.com, ekstrovert ini lebih dimaknai sebagai sosok orang yang ekspresif dan ramah.

Orang ekstrovert ini cenderung memiliki sikap banyak bicara, mudah bergaul, aktif, dan hangat. Biasanya individu yang ekstrovert ini diidentifikasikan sebagai seseorang yang memiliki energi yang besar. Mereka seperti mendapatkan energi dari dunia luar dan dari interaksi sosial.

Suka bekerja dalam kelompok Senang mencoba hal hal baru Cenderung digambarkan sebagai energik

Lebih suka membicarakan masalah Mudah berteman dengan siapa saja Bisa bersikap impulsif.

Perbedaan paling umum antara ekstrovert dan introvert adalah bahwa ekstrovert memiliki lebih banyak energi dengan berinteraksi di dunia luar. Sebaliknya, individu yang introvert sering kali lebih fokus pada diri sendiri dan menghargai waktu menyendiri. Jadi keduanya dapat diartikan sebagai dua pribadi yang sangat berbeda.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *