Ternyata Inilah Waktu yang Tepat Untuk Menyiram Tanaman

Untuk anda yang hobi menanam tumbuh-tumbuhan atau tanaman, anda perlu tahu faktor-faktor tertentu yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman. Salah satunya adalah penyiraman air pada tanaman.

Menyiram tanaman memang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh anak kecil sekalipun. Namun, alih alih gampang dilakukan, terkadang para pemilik tanaman menyiram tanamannya secara kurang tepat.

Diantara mereka terkadang ada yang jarang menyiram tanaman, berlebihan menyiram air tanaman ataupun salah mengambil waktu yang tepat untuk menyiram tanaman.

Lalu, sebetulnya jam berapa sih kira-kira anda seharusnya melakukan aktivitas penyiraman air pada tanaman. Berikut penjelasannya:

Kenapa Tanaman Membutuhkan Air?

Seperti diketahui, seluruh mahluk hidup, mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan adanya air. Dalam tumbuhan sendiri setidaknya 70% bagian tubuh pada tumbuhan terdiri dari molekul air.

Adapun, dari sisi fungsinya, air bagi tumbuhan berguna untuk menjadi bahan baku ketika melakukan proses fotosintesis dan menjaga kelembapan tubuhnya agar tidak kering dan layu.

Dalam prosesnya, air akan diserap oleh bagian akar pada tumbuhan untuk selanjutnya dikirimkan ke bagian daun tempat tumbuhan melakukan proses fotosintesis.

Nantinya setiap kelebihan air dalam tumbuhan akan diuapkan pada bagian stomata yang berfungsi sebagai tempat tukar menukar oksigen dan karbondioksida hasil dari proses fotosintesis. Stomata inilah yang nantinya juga akan melakukan pengaturan air pada kondisi kering

Nah, Tumbuhan sendiri harus memiliki asupan air yang cukup dan seimbang. Tidak boleh terlalu kurang, namun juga tidak boleh terlalu banyak.

Jika tumbuhan kekurangan air, maka itu akan menganggu proses fotosintesis pada tumbuhan. Sebaliknya jika kelebihan air, maka tanah akan terendam sehingga aliran udara dalam tumbuhan tidak dapat berjalan secara normal.

Waktu yang Tepat Menyiram Tanaman?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah pada waktu pagi hari sebelum matahari belum ada di posisi yang tinggi. Jika kita melihat pada perputaran jam, waktunya kurang lebih di pagi hari sampai sebelum pukul 9 pagi.

Hal ini dikarenakan penyiraman pada pagi hari akan sesuai dengan kebutuhan dan siklus yang dimiliki oleh tumbuhan.

Anda harus menghindari menyiram tanaman pada kondisi udara yang sudah terlalu panas. Nantinya, itu akan menyebabkan sulitnya batang dan daun menerima asupan air sehingga beresiko menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Jika anda misalnya lupa atau tidak mempunyai waktu untuk menyiram tanaman di pagi hari. Anda jangan memaksakan untuk menyiram tanaman di siang hari. Sebaiknya anda tunggu matahari turun dan tidak terasa panas di sore hari sekitar jam 4-5 an.

Apakah Boleh Menyiram Tanaman di Malam Hari?

Ada beberapa alasan kenapa anda tidak diperkenankan untuk menyiram tanaman di malam hari. Salah satunya adalah air yang tidak menguap serta akan tertahan di daun ataupun batang tanaman, kondisi ini disebabkan tidak adanya matahari.

Dengan seperti itu, nantinya tanah atau bagian tumbuhan akan dipenuhi dengan air dan bisa menimbulkan beberapa kerugian seperti misalnya penyakit jamur di sekitar batang, daun dan akar tanaman.

Adapun, dalam kondisi darurat, menyiram tanaman pada siang hari ataupun malam hari sebetulnya dibolehkan, apalagi jika kondisi tanaman memang sudah kering dan hampir layu.

Nah, pada kesimpulannya, waktu yang tepat menyiram tanaman adalah pada waktu pagi ataupun sore hari. Usahakan jangan menyiram tanaman di siang hari ataupun matahari kecuali anda terpaksa dan hanya dilakukan sesekali saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.