Tips Menggunakan Rem Motor Saat Musim Hujan, Jangan Pakai Rem Belakang

Memasuki musim hujan akan banyak genangan air yang membuat jalanan menjadi licin. Maka pengendara sepeda motor perlu mengetahui cara berkendara yang aman, salah satunya teknik menggunakan rem motor.

Saat kondisi jalan yang licin, teknik pengereman yang salah akan membuat ban motor menjadi selip. Pengendara bisa terjatuh.

Berikut tips menggunakan rem motor yang aman saat musim hujan dikutip dari laman Wahana Honda hari ini, Selasa, 7 Desember 2021:

1. Genggam Setang Motor dengan KuatSaat berkendara di musim hujan, pengendara motor perlu menggengam setang dengan erat. Dengan cara ini, pengendara bisa terhindar dari selip dan membuat tubuh memiliki refleks yang lebih baik apabila mengalami selip dan nyaris terjatuh.

2. Lepas Handle Gas MotorMenggunakan rem motor yang aman saat musim hujan bisa dilakukan dengan langkah awal mengurangi kecepatan motor. Lepas handle gas agar rem berfungsi optimal dan jangan pernah melakukan pengereman dengan kondisi gas masih tetap diputar.

3. Turunkan Kecepatan Motor Turunkan kecepatan motor dan gunakan rem motor secara bertahap. Apabila dilakukan secara langsung dan cepat, risiko selip menjadi semakin besar. Selain itu, sebelum melakukan pengereman perhatikan kondisi jalan sekitar.

4. Jangan Gunakan Rem Motor BelakangMungkin banyak yang bertanya-tanya soal tips nomor 4 ini. Ternyata, menggunakan rem motor belakang dalam kondisi jalan licin bisa menimbulkan risiko tergelincir, terutama di tikungan.

Pastikan juga tekanan angin ban motor pas agar daya cengkeraman ban tetap baik.

5. Rem Motor dengan Empat JariMenggunakan rem motor dengan empat jari dapat membantu pengereman bekerja optimal. Teknik pengereman sepeda motor menggunakan empat jari juga dapat menghindari kemungkinan tergelincir di musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.