Tips Merawat Kulit saat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 seringkali menyebabkan kulit kusam dan berjerawat. Inilah yang membuat merawat kulit menjadi penting meski banyak aktivitas yang dilakukan di rumah.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), Medhi Denisa, menekankan pentingnya merawat dan menjaga kesehatan kulit ketika masa pandemi. Menurut dia, banyak orang yang mengalami masalah kulit meskipun jarang keluar rumah. Dilansir dari laman Unair News, ia pun membagikan tips merawat kulit ketika pandemi.

Pertama, Medhi menyampaikan pentingnya mengenali jenis kulit sebelum membeli skincare atau produk perawatan kulit. Terdapat lima macam jenis kulit, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Nantinya ketika membeli, Anda bisa melihat komposisi produk, kira-kira cocok digunakan atau tidak pada jenis kulit Anda.

“Kalau mau yang lebih bagus, diperiksa oleh dokter kulit. Jadi, bisa tahu produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit,” ungkap dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) ini seperti dikutip Tempo dari laman Unair News, Jumat, 6 Agustus 2021.

Dalam membeli skincare yang aman harus melihat nomor BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) pada label kemasan. Untuk menghindari pemalsuan, Anda bisa mengecek nomor BPOM pada website resmi BPOM. Medhi juga menganjurkan untuk menghindari produk skincare yang menawarkan hasil instan, karena skincare yang baik akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mempercantik kulit Anda.

Apabila tidak ingin kulit berjerawat, kata dia, hindari menggunakan masker yang sama. Setelah beraktivitas seharian menggunakan masker, jangan lupa membersihkan wajah dengan sabun muka.

“Saat beraktivitas di luar rumah, sediakanlah tiga masker tambahan untuk cadangan. Kemudian jika masker kain, jangan lupa untuk selalu mencucinya,” ungkap Medhi.

Tips lainnya adalah berjemur saat jam 9 hingga 10 pagi karena sinar ultraviolet (UV) belum masuk secara maksimal. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen karena wajah merupakan wilayah yang sensitif dan harus dilindungi. Selain itu, penggunaan sunscreen bisa mencegah terjadnya sunburn (kulit terbakar).

Saran terakhir dari dokter kulit ini untuk merawat kulit ketika pandemi Covid-19 adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Medhi menyarankan konsumsi buah dan sayur agar kulit tampak sehat dan lebih muda. Selain itu, atur waktu tidur selama delapan jam per hari agar kulit tidak kusam dan menimbulkan kantung mata.

AMELIA RAHIMA SARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.